A. PAMANFAATAN BAHAN BEKAS (KORAN)
Recycled Rover:
Paper Chair:
Schoolhouse:
Newspaper Chair:
Recycled Paper Sculptural Installations:
Newspaper House:
Waste Paper Bin:
Newspaper Furniture:
B. Seni Mosaic
Seni Mosaic adalah ekspresi keindahan melalui ubin keramik warna-warni kecil
dan rusak. Dasar teknik mosaik termasuk menerapkan perekat ke permukaan
proyek Anda dan menekan dalam mosaik bit untuk membentuk sebuah gambar
atau sebuah kaleidoskop berwarna-warni.
1. Freestyle Mosaic
Membuat mosaik gaya bebas merupakan proyek kerajinan dengan ubin
mosaik, keramik rusak, cabochons kaca dan setiap kecil lainnya, datar
dapat mendukung objek. Thinset adalah bahan perekat standar yang
digunakan dalam pembuatan mosaik proyek luar ruangan karena daya tahan
dan ketahanan terhadap unsur-unsur. Untuk proyek dalam ruangan, itu
tidak perlu menggunakan thinset; kerajinan lem kuat seperti Weldbond,
E6000 atau Kuku cair yang jelas dapat bekerja dengan baik. Sebarkan
perekat atas bagian kecil pada suatu waktu, menempatkan ubin mosaik atau
bit. Anda harus meninggalkan sekitar 1 / 8 dari satu inci antara
potongan-potongan mozaik saat Anda menempatkan mereka pada proyek Anda.
Dengan mosaik gaya bebas, tidak ada pola untuk diikuti – hanya
menempatkan bit dengan cara yang menyenangkan Anda. Hasil akhirnya akan
menjadi kebun binatang warna dan tekstur. Tunggu minimal 24 jam untuk
lem benar-benar ditempelkan sebelum Anda menambahkan nat. Grouting
sederhana, Anda hanya menyebarkan materi di celah-celah antara
masing-masing bagian. Bagian terberat tentang grouting adalah
pembersihan. Anda harus menghapus semua nat dari potongan mosaik wajah
Anda sebelum mengering atau permukaan ubin dan keramik Anda dapat
menjadi keruh. Bersihkan permukaan dengan air hangat dan spons sampai
semua nat pada bit mosaik terhapus. Tunggu sampai kering grout nya, dan
kemudian menerapkan sealer nat untuk melindungi proyek Anda dari
kelembaban dan pewarnaan.
2. Mosaic bermotif
2. Mosaic bermotif
Anda dapat menggunakan teknik mosaik kerajinan yang sama untuk
membuat sebuah mosaik bermotif seperti yang Anda gunakan untuk membuat
sebuah mosaik gaya bebas. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa Anda
menggambar pola Anda langsung ke meja Anda atau perkebunan sebelum Anda
menerapkan perekat. Bekerja di bagian-bagian kecil, menambahkan warna
yang berbeda dari ubin mosaik atau keramik yang rusak untuk membuat pola
atau gambar.
3. Layered Mosaic
3. Layered Mosaic
Buat proyek mosaik mudah tanpa diperlukan grouting. Teknik kerajinan
mosaik adalah prinsip yang sama seperti dengan karya seni mozaik lain,
tetapi potongan keramik, genteng dan kaca berlapis bukan hanya
ditempatkan berdampingan. Anda dapat menggunakan teknik ini pada
proyek-proyek kecil seperti frame mozaik, vas atau pekebun. Pada
dasarnya, apapun yang Anda dapat mosaik dengan cara tradisional dengan
thinset dan nat, Anda dapat membuat sebagai mosaik berlapis. Mulailah
dengan menerapkan perekat di bagian belakang potongan pribadi Anda. Lem
kerajinan yang kuat adalah pilihan terbaik untuk membuat sebuah mosaik
berlapis karena lebih mudah untuk diterapkan. Jika mosaik berlapis Anda
akan digunakan di luar ruangan, gunakan Kuku Cair atau perekat tahan
air. Lem bahan mosaik untuk proyek Anda, potongan di samping pas satu
sama lain yang Anda inginkan. Kembalilah ke seluruh bagian, mengisi
kesenjangan sedikit mosaik dengan yang lain di atas dengan bit Anda
telah ditempatkan. Hasilnya adalah proyek 3-D yang penuh dengan warna
dan tekstur, tetapi tidak ada nat.
C. SENI LUKIS
Sejarah umum seni lukis
Zaman prasejarah
Secara historis, seni lukis sangat terkait dengan gambar.
Peninggalan-peninggalan prasejarah memperlihatkan bahwa sejak ribuan
tahun yang lalu, nenek moyang manusia telah mulai membuat gambar pada
dinding-dinding gua untuk mencitrakan bagian-bagian penting dari
kehidupan mereka.
Semua kebudayaan di dunia mengenal seni lukis. Ini disebabkan karena lukisan
atau gambar sangat mudah dibuat. Sebuah lukisan atau gambar bisa dibuat
hanya dengan menggunakan materi yang sederhana seperti arang, kapur,
atau bahan lainnya. Salah satu teknik terkenal gambar prasejarah yang
dilakukan orang-orang gua adalah dengan menempelkan tangan di dinding
gua, lalu menyemburnya dengan kunyahan daun-daunan atau batu mineral
berwarna.
Hasilnya adalah jiplakan tangan berwana-warni di dinding-dinding gua
yang masih bisa dilihat hingga saat ini. Kemudahan ini memungkinkan
gambar (dan selanjutnya lukisan) untuk berkembang lebih cepat daripada
cabang seni rupa lain seperti seni patung dan seni keramik.
Seperti gambar, lukisan kebanyakan dibuat di atas bidang datar
seperti dinding, lantai, kertas, atau kanvas. Dalam pendidikan seni rupa
modern di Indonesia, sifat ini disebut juga dengan dwi-matra
(dua dimensi, dimensi datar). Seiring dengan perkembangan peradaban,
nenek moyang manusia semakin mahir membuat bentuk dan menyusunnya dalam
gambar, maka secara otomatis karya-karya mereka mulai membentuk semacam
komposisi rupa dan narasi (kisah/cerita) dalam karya-karyanya.
Objek yang sering muncul dalam karya-karya purbakala adalah manusia,
binatang, dan obyek-obyek alam lain seperti pohon, bukit, gunung,
sungai, dan laut. Bentuk dari obyek yang digambar tidak selalu serupa
dengan aslinya. Ini disebut citra dan itu sangat dipengaruhi oleh pemahaman si pelukis terhadap obyeknya. Misalnya, gambar seekor banteng dibuat dengan proporsi
tanduk yang luar biasa besar dibandingkan dengan ukuran tanduk asli.
Pencitraan ini dipengaruhi oleh pemahaman si pelukis yang menganggap
tanduk adalah bagian paling mengesankan dari seekor banteng. Karena itu,
citra mengenai satu macam obyek menjadi berbeda-beda tergantung dari
pemahaman budaya masyarakat di daerahnya. Pencitraan ini menjadi sangat
penting karena juga dipengaruhi oleh imajinasi. Dalam perkembangan seni
lukis, imajinasi memegang peranan penting hingga kini.
Pada mulanya, perkembangan seni lukis sangat terkait dengan
perkembangan peradaban manusia. Sistem bahasa, cara bertahan hidup
(memulung, berburu dan memasang perangkap, bercocok-tanam), dan
kepercayaan (sebagai cikal bakal agama) adalah hal-hal yang mempengaruhi
perkembangan seni lukis. Pengaruh ini terlihat dalam jenis obyek,
pencitraan dan narasi di dalamnya. Pada masa-masa ini, seni lukis
memiliki kegunaan khusus, misalnya sebagai media pencatat (dalam bentuk
rupa) untuk diulangkisahkan. Saat-saat senggang pada masa prasejarah
salah satunya diisi dengan menggambar dan melukis. Cara komunikasi
dengan menggunakan gambar pada akhirnya merangsang pembentukan sistem
tulisan karena huruf sebenarnya berasal dari simbol-simbol gambar yang
kemudian disederhanakan dan dibakukan.
Pada satu titik, ada orang-orang tertentu dalam satu kelompok
masyarakat prasejarah yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk
menggambar daripada mencari makanan. Mereka mulai mahir membuat gambar
dan mulai menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu, bila diatur
sedemikian rupa, akan nampak lebih menarik untuk dilihat daripada
biasanya. Mereka mulai menemukan semacam cita-rasa keindahan dalam
kegiatannya dan terus melakukan hal itu sehingga mereka menjadi semakin
ahli. Mereka adalah seniman-seniman yang pertama di muka bumi dan pada
saat itulah kegiatan menggambar dan melukis mulai condong menjadi
kegiatan seni.
Seni lukis zaman klasik
Seni lukis zaman klasik kebanyakan dimaksudkan untuk tujuan:
Mistisme (sebagai akibat belum berkembangnya agama)
Propaganda (sebagai contoh grafiti di reruntuhan kota Pompeii),
Di zaman ini lukisan dimaksudkan untuk meniru semirip mungkin
bentuk-bentuk yang ada di alam. Hal ini sebagai akibat berkembangnya
ilmu pengetahuan dan dimulainya kesadaran bahwa seni lukis mampu
berkomunikasi lebih baik daripada kata-kata dalam banyak hal. Selain
itu, kemampuan manusia untuk menetap secara sempurna telah memberikan
kesadaran pentingnya keindahan di dalam perkembangan peradaban.
Seni lukis zaman pertengahan
Sebagai akibat terlalu kuatnya pengaruh agama di zaman pertengahan,
seni lukis mengalami penjauhan dari ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan
dianggap sebagai sihir yang bisa menjauhkan manusia dari pengabdian
kepada Tuhan. Akibatnya, seni lukis pun tidak lagi bisa sejalan dengan
realitas.
Kebanyakan lukisan di zaman ini lebih berupa simbolisme, bukan
realisme. Sehingga sulit sekali untuk menemukan lukisan yang bisa
dikategorikan “bagus”.
Lukisan pada masa ini digunakan untuk alat propaganda dan religi.
Beberapa agama yang melarang penggambaran hewan dan manusia mendorong
perkembangan abstrakisme (pemisahan unsur bentuk yang “benar” dari
benda).
Namun sebagai akibat pemisahan ilmu pengetahuan dari kebudayaan
manusia, perkembangan seni pada masa ini mengalami perlambatan hingga
dimulainya masa renaissance.
Seni lukis zaman Renaissance
Berawal dari kota Firenze.
Setelah kekalahan dari Turki, banyak sekali ahli sains dan kebudayaan
(termasuk pelukis) yang menyingkir dari Bizantium menuju daerah
semenanjung Italia sekarang.
Dukungan dari keluarga deMedici
yang menguasai kota Firenze terhadap ilmu pengetahuan modern dan seni
membuat sinergi keduanya menghasilkan banyak sumbangan terhadap
kebudayaan baru Eropa.
Seni Rupa menemukan jiwa barunya dalam kelahiran kembali seni zaman
klasik. Sains di kota ini tidak lagi dianggap sihir, namun sebagai alat
baru untuk merebut kembali kekuasaan yang dirampas oleh Turki.
Pada akhirnya, pengaruh seni di kota Firenze menyebar ke seluruh Eropa hingga Eropa Timur.
Tokoh yang banyak dikenal dari masa ini adalah:
Tomassi
Donatello
Leonardo da Vinci
Michaelangelo
Raphael
Art Nouveau
Revolusi Industri di Inggris
telah menyebabkan mekanisasi di dalam banyak hal. Barang-barang dibuat
dengan sistem produksi massal dengan ketelitian tinggi. Sebagai
dampaknya, keahlian tangan seorang seniman tidak lagi begitu dihargai
karena telah digantikan kehalusan buatan mesin.
Sebagai jawabannya, seniman beralih ke bentuk-bentuk yang tidak
mungkin dicapai oleh produksi massal (atau jika bisa, akan biaya
pembuatannya menjadi sangat mahal). Lukisan, karya-karya seni rupa, dan
kriya diarahkan kepada kurva-kurva halus yang kebanyakan terinspirasi
dari keindahan garis-garis tumbuhan di alam.
Sejarah seni lukis di Indonesia
Seni lukis modern Indonesia
dimulai dengan masuknya penjajahan Belanda di Indonesia. Kecenderungan
seni rupa Eropa Barat pada zaman itu ke aliran romantisme membuat banyak
pelukis Indonesia ikut mengembangkan aliran ini. Awalnya pelukis
Indonesia lebih sebagai penonton atau asisten, sebab pendidikan kesenian
merupakan hal mewah yang sulit dicapai penduduk pribumi. Selain karena
harga alat lukis modern yang sulit dicapai penduduk biasa.
Raden Saleh Syarif Bustaman adalah salah seorang asisten yang cukup beruntung bisa mempelajari melukis gaya Eropa yang dipraktekkan pelukis Belanda.
Raden Saleh kemudian melanjutkan belajar melukis ke Belanda, sehingga
berhasil menjadi seorang pelukis Indonesia yang disegani dan menjadi
pelukis istana di beberapa negera Eropa.
Namun seni lukis Indonesia tidak melalui perkembangan yang sama
seperti zaman renaisans Eropa, sehingga perkembangannya pun tidak
melalui tahapan yang sama.
Era revolusi di Indonesia membuat banyak pelukis Indonesia beralih
dari tema-tema romantisme menjadi cenderung ke arah “kerakyatan”. Objek
yang berhubungan dengan keindahan alam Indonesia dianggap sebagai tema
yang mengkhianati bangsa, sebab dianggap menjilat kepada kaum kapitalis
yang menjadi musuh ideologi komunisme yang populer pada masa itu. Para
pelukis kemudian beralih kepada potret nyata kehidupan masyarakat kelas
bawah dan perjuangan menghadapi penjajah.
Selain itu, alat lukis seperti cat dan kanvas yang semakin sulit
didapat membuat lukisan Indonesia cenderung ke bentuk-bentuk yang lebih
sederhana, sehingga melahirkan abstraksi.
Gerakan Manifesto Kebudayaan yang bertujuan untuk melawan pemaksaan
ideologi komunisme membuat pelukis pada masa 1950an lebih memilih
membebaskan karya seni mereka dari kepentingan politik tertentu,
sehingga era ekspresionisme dimulai. Lukisan tidak lagi dianggap sebagai
penyampai pesan dan alat propaganda, namun lebih sebagai sarana
ekspresi pembuatnya. Keyakinan tersebut masih dipegang hingga saat ini.
Perjalanan seni lukis kita sejak perintisan R. Saleh sampai awal abad
XXI ini, terasa masih terombang-ambing oleh berbagai benturan konsepsi.
Kemapanan seni lukis Indonesia yang belum mencapai tataran
keberhasilan sudah diporak-porandakan oleh gagasan modernisme yang
membuahkan seni alternatif atau seni kontemporer,
dengan munculnya seni konsep (conceptual art): “Installation Art”, dan
“Performance Art”, yang pernah menjamur di pelosok kampus perguruan
tinggi seni sekitar 1993-1996. Kemudian muncul berbagai alternatif
semacam “kolaborasi” sebagai mode 1996/1997. Bersama itu pula seni lukis
konvensional dengan berbagai gaya menghiasi galeri-galeri, yang bukan
lagi sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat, tetapi merupakan
bisnis alternatif investasi.[rujukan?]
Aliran seni lukis
Surrealisme
Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang
sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk
secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek
untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa
harus mengerti bentuk aslinya.
Kubisme
Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek
ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu.
Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.
Romantisme
Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia.
Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan
keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering
diambil sebagai latar belakang lukisan.
Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan
Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan
galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini
adalah Raden Saleh.
Aliran lain
Ekspresionisme
Impresionisme
Fauvisme
Neo-Impresionisme
Realisme
Naturalisme
De Stijl
Abstraksi
Adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Teknik abstraksi yang berkembang pesat seiring merebaknya seni kontemporer
saat ini berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah.
Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat
untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya.
0 komentar:
Posting Komentar