A. CorelDraw
CorelDraw merupakan salah satu aplikasi
pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC.
Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh coreldraw,
maka coreldraw sering dimanfaatkan untuk desktop publishing,
percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
Keunggulan mengolah gambar berbasis vektor adalah ukuran hasil akhir
yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak
kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap. Karena itulah desain
grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk
desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan
pemrosesan visual.
Hal yang harus dihindari ketika menggambar di komputer Anda.
Hindari penggunaan garis besar, bukan menggunakan alat Contour, pilih bobot visual dari stroke Anda sukai, kemudian menerapkan kontur. Dari sana, pecah garis kontur dan mengisi warna. Gunakan Ctrl / Page Up atau Page Down to Ctrl taruh baris kunci Anda dalam posisi yang benar.
Sekarang Anda las, memotong, memangkas, atau melakukan fungsi menggambar dengan garis Kunci. Hal ini sangat berguna dan membuat gambar Anda sepenuhnya 'Scalable'
Hindari menempatkan benda berwarna sama di atas yang lain objek warna yang sama. Lebih baik untuk mengelas dua benda warna bersama-sama. Ini akan membuat node lebih sedikit dan kecepatan lebih, objek kurang dan ukuran file yang lebih rendah.
Hindari menempatkan benda berulang-ulang, lebih baik untuk mengelas atau menggabungkan
Anda dapat menggunakan Corel Draw dan Illustrator untuk menggambar dan
membuat tanda-tanda luar ruangan, file setup untuk aplikasi gambar
industri yang menggunakan mesin, misalnya pemotongan laser dan lebih
banyak fitur.
Logo Menggambar: Ketika menggambar logo, Anda harus membuat 'dasar karya seni' menggunakan garis vektor dan kurva, ini berarti menggambar logo Anda dalam bentuk sederhana sebelum Anda menerapkan setiap warna.
TIPS: Gunakan CorelDraw untuk mengelas gambar Anda bersama-sama, Gunakan melas - trim - berpotongan alat. Menggabungkan dua atau lebih objek membuat objek tunggal dengan mengisi atribut umum dan garis besar. Anda dapat menggabungkan kotak, elips, poligon, bintang, spiral, grafik, atau teks. CorelDraw mengkonversi objek ini ke objek kurva tunggal. Jika Anda perlu memodifikasi atribut dari suatu obyek yang dikombinasikan, Anda dapat mematahkan benda gabungan terpisah. Anda dapat mengekstrak jalur sub dari objek gabungan untuk membuat dua obyek terpisah. Anda juga dapat mengelas dua atau lebih objek untuk membuat objek tunggal.
Untuk menggabungkan objek
Pilih objek untuk 'bergabung bersama'.
Klik Atur} Gabungkan
Anda dapat menutup saluran terbuka dalam sebuah objek gabungan dengan mengklik Mengatur jalur} Tutup, dan mengklik perintah.
Untuk pecah objek dikombinasikan
Pilih objek gabungan.
Klik Atur} kurva Istirahat terpisah
Bekerja dengan objek kurva
CorelDraw memungkinkan Anda membentuk objek dengan memanipulasi node dan segmen. Node obyek adalah kotak kecil yang menampilkan sepanjang garis besar objek. Batas antara dua node disebut segmen. Pindah segmen obyek memungkinkan Anda membuat perubahan kasar ke bentuk objek, saat mengganti posisi dari node yang memungkinkan Anda menyempurnakan bentuk objek.
Kebanyakan benda yang ditambahkan ke gambar bukan obyek kurva, dengan pengecualian spiral dan freehand dan garis Bezier. Karena itu, jika Anda ingin menyesuaikan bentuk objek, dianjurkan bahwa Anda mengkonversi bahwa objek ke objek kurva. Dengan mengubah objek menjadi kurva, Anda dapat membentuk mereka dengan menambahkan, menghapus, posisi, serta menyelaraskan dan mentransformasi node mereka.
Sebelum Anda dapat memanipulasi node obyek, Anda harus memilih mereka. Ketika bekerja dengan objek kurva Anda dapat memilih individu, beberapa, atau semua node objek. Memilih beberapa node memungkinkan Anda membentuk bagian yang berbeda dari sebuah objek secara bersamaan.
Bila Anda menambahkan node, Anda meningkatkan jumlah segmen, dan karenanya jumlah kontrol Anda memiliki lebih dari bentuk objek. Anda juga dapat menghapus node untuk menyederhanakan bentuk obyek.
Bila Anda membuat objek, itu terdiri dari satu atau beberapa jalur. Jika Anda bekerja pada sebuah benda terbuka, seperti garis freehand, Anda dapat bergabung awal dan node akhir. Bila Anda bergabung awal dan node akhir, dua node ditarik bersama-sama untuk membuat objek tertutup. Anda dapat menambahkan warna ke bagian dalam jalur tertutup yang Anda buat. Untuk informasi tentang menerapkan mengisi, lihat "Mengisi objek." Jika jalur terdiri dari beberapa sub jalur, Anda dapat mematahkan jalur terpisah untuk mengekstrak path sub. Untuk informasi tentang jalur berantakan lihat "Memisahkan dan bagian menghapus objek."
Setelah Anda membuat objek kurva, Anda bisa mengatur node yang horisontal maupun vertikal.
Anda dapat mengubah node pada objek kurva untuk salah satu dari empat jenis: titik puncak, halus, simetris, atau baris. Node titik puncak membuat garis node berpotongan mengambil bentuk sudut atau titik ketika Anda mengatur posisi titik kontrol node. Node halus membuat garis node berpotongan mengambil bentuk melengkung. Setiap titik kontrol dapat dipersingkat atau diperpanjang secara independen, memberikan Anda sudut kecil atau lebih besar untuk bekerja dengan. Node simetris membuat garis node berpotongan mengambil bentuk melengkung serta berpotongan node tepat pada sudut yang sama. Node garis membiarkan Anda membentuk objek dengan mengubah bentuk segmen mereka. Anda dapat membuat segmen kurva lurus atau segmen lurus melengkung.
Komponen dari kurva
Anda juga dapat mengubah arah segmen dengan membalik posisi awal dan node akhir. Efeknya adalah transparan hanya ketika ujung-ujung segmen berbeda. Kami menyelesaikan fungsi ini biasanya bila membuat file untuk pemotongan laser dan. DXF file yang digunakan dalam tanda ukiran dll
Anda juga dapat membentuk objek dengan peregangan, skala, memutar, dan hasil cetakan miring node mereka. Misalnya, Anda dapat skala node sudut dari objek kurva untuk memperbesar objek kurva secara proporsional. Peregangan, di sisi lain, memanjang objek kurva sehingga bentuknya terdistorsi. Semua atau bagian dari sebuah objek kurva dapat diputar dalam arah searah jarum jam atau searah jarum jam counter. Anda juga dapat node condong untuk membentuk sebuah objek kurva.
Alat Anda harus belajar untuk sering digunakan.
Logo Menggambar: Ketika menggambar logo, Anda harus membuat 'dasar karya seni' menggunakan garis vektor dan kurva, ini berarti menggambar logo Anda dalam bentuk sederhana sebelum Anda menerapkan setiap warna.
TIPS: Gunakan CorelDraw untuk mengelas gambar Anda bersama-sama, Gunakan melas - trim - berpotongan alat. Menggabungkan dua atau lebih objek membuat objek tunggal dengan mengisi atribut umum dan garis besar. Anda dapat menggabungkan kotak, elips, poligon, bintang, spiral, grafik, atau teks. CorelDraw mengkonversi objek ini ke objek kurva tunggal. Jika Anda perlu memodifikasi atribut dari suatu obyek yang dikombinasikan, Anda dapat mematahkan benda gabungan terpisah. Anda dapat mengekstrak jalur sub dari objek gabungan untuk membuat dua obyek terpisah. Anda juga dapat mengelas dua atau lebih objek untuk membuat objek tunggal.
Untuk menggabungkan objek
Pilih objek untuk 'bergabung bersama'.
Klik Atur} Gabungkan
Anda dapat menutup saluran terbuka dalam sebuah objek gabungan dengan mengklik Mengatur jalur} Tutup, dan mengklik perintah.
Untuk pecah objek dikombinasikan
Pilih objek gabungan.
Klik Atur} kurva Istirahat terpisah
Bekerja dengan objek kurva
CorelDraw memungkinkan Anda membentuk objek dengan memanipulasi node dan segmen. Node obyek adalah kotak kecil yang menampilkan sepanjang garis besar objek. Batas antara dua node disebut segmen. Pindah segmen obyek memungkinkan Anda membuat perubahan kasar ke bentuk objek, saat mengganti posisi dari node yang memungkinkan Anda menyempurnakan bentuk objek.
Kebanyakan benda yang ditambahkan ke gambar bukan obyek kurva, dengan pengecualian spiral dan freehand dan garis Bezier. Karena itu, jika Anda ingin menyesuaikan bentuk objek, dianjurkan bahwa Anda mengkonversi bahwa objek ke objek kurva. Dengan mengubah objek menjadi kurva, Anda dapat membentuk mereka dengan menambahkan, menghapus, posisi, serta menyelaraskan dan mentransformasi node mereka.
Sebelum Anda dapat memanipulasi node obyek, Anda harus memilih mereka. Ketika bekerja dengan objek kurva Anda dapat memilih individu, beberapa, atau semua node objek. Memilih beberapa node memungkinkan Anda membentuk bagian yang berbeda dari sebuah objek secara bersamaan.
Bila Anda menambahkan node, Anda meningkatkan jumlah segmen, dan karenanya jumlah kontrol Anda memiliki lebih dari bentuk objek. Anda juga dapat menghapus node untuk menyederhanakan bentuk obyek.
Bila Anda membuat objek, itu terdiri dari satu atau beberapa jalur. Jika Anda bekerja pada sebuah benda terbuka, seperti garis freehand, Anda dapat bergabung awal dan node akhir. Bila Anda bergabung awal dan node akhir, dua node ditarik bersama-sama untuk membuat objek tertutup. Anda dapat menambahkan warna ke bagian dalam jalur tertutup yang Anda buat. Untuk informasi tentang menerapkan mengisi, lihat "Mengisi objek." Jika jalur terdiri dari beberapa sub jalur, Anda dapat mematahkan jalur terpisah untuk mengekstrak path sub. Untuk informasi tentang jalur berantakan lihat "Memisahkan dan bagian menghapus objek."
Setelah Anda membuat objek kurva, Anda bisa mengatur node yang horisontal maupun vertikal.
Anda dapat mengubah node pada objek kurva untuk salah satu dari empat jenis: titik puncak, halus, simetris, atau baris. Node titik puncak membuat garis node berpotongan mengambil bentuk sudut atau titik ketika Anda mengatur posisi titik kontrol node. Node halus membuat garis node berpotongan mengambil bentuk melengkung. Setiap titik kontrol dapat dipersingkat atau diperpanjang secara independen, memberikan Anda sudut kecil atau lebih besar untuk bekerja dengan. Node simetris membuat garis node berpotongan mengambil bentuk melengkung serta berpotongan node tepat pada sudut yang sama. Node garis membiarkan Anda membentuk objek dengan mengubah bentuk segmen mereka. Anda dapat membuat segmen kurva lurus atau segmen lurus melengkung.
Komponen dari kurva
Anda juga dapat mengubah arah segmen dengan membalik posisi awal dan node akhir. Efeknya adalah transparan hanya ketika ujung-ujung segmen berbeda. Kami menyelesaikan fungsi ini biasanya bila membuat file untuk pemotongan laser dan. DXF file yang digunakan dalam tanda ukiran dll
Anda juga dapat membentuk objek dengan peregangan, skala, memutar, dan hasil cetakan miring node mereka. Misalnya, Anda dapat skala node sudut dari objek kurva untuk memperbesar objek kurva secara proporsional. Peregangan, di sisi lain, memanjang objek kurva sehingga bentuknya terdistorsi. Semua atau bagian dari sebuah objek kurva dapat diputar dalam arah searah jarum jam atau searah jarum jam counter. Anda juga dapat node condong untuk membentuk sebuah objek kurva.
Alat Anda harus belajar untuk sering digunakan.
- Pick Tool memungkinkan Anda memilih dan ukuran, miring, dan memutar objek.
- Shape tool memungkinkan Anda mengedit bentuk obyek.
- Alat Freehand memungkinkan Anda menggambar garis tunggal segmen dan kurva.
- Alat Bezier memungkinkan Anda menggambar kurva satu segmen pada satu waktu.
- Alat Dimensi memungkinkan Anda menggambar garis dimensi vertikal, horisontal, miring, atau sudut.
- Rectangle tool memungkinkan Anda menggambar persegi panjang dan kotak.
- Alat Ellipse memungkinkan Anda menggambar elips dan lingkaran.
- Text tool memungkinkan Anda mengetik kata-kata langsung pada layar sebagai teks artistik atau paragraf.
- Alat Isi memungkinkan Anda mengeset properti mengisi.
- Alat Garis memungkinkan Anda mengeset properti outline.
- Perangkat Garis Kontur memungkinkan Anda membuat garis kunci dalam format vektor. Ini adalah alat yang paling berguna dalam CorelDraw untuk membuat 'scalable' logo, font dan gambar dengan Line Kunci. Pelajari untuk menggunakan alat ini, sangat berguna dan akan memungkinkan Anda 'scalable' gambar dan file.
- Atas Halaman Page Down Tombol pada Keyboard Anda. Pilih obyek Anda, kemudian gunakan Halaman Halaman atas atau bawah tombol, ini akan membuat lapisan objek atas atau di bawah item lainnya pada layar Anda. Dengan cara ini Anda dapat menarik tanpa memerlukan lapisan individu seperti yang digunakan di Photoshop dll Anda juga dapat menggunakan Ctrl / Page Up, Page Down Ctrl, untuk bergerak di atas atau di bawah satu item pada suatu waktu. Sangat berguna.
Hal yang harus dihindari ketika menggambar di komputer Anda.
Hindari penggunaan garis besar, bukan menggunakan alat Contour, pilih bobot visual dari stroke Anda sukai, kemudian menerapkan kontur. Dari sana, pecah garis kontur dan mengisi warna. Gunakan Ctrl / Page Up atau Page Down to Ctrl taruh baris kunci Anda dalam posisi yang benar.
Sekarang Anda las, memotong, memangkas, atau melakukan fungsi menggambar dengan garis Kunci. Hal ini sangat berguna dan membuat gambar Anda sepenuhnya 'Scalable'
Hindari menempatkan benda berwarna sama di atas yang lain objek warna yang sama. Lebih baik untuk mengelas dua benda warna bersama-sama. Ini akan membuat node lebih sedikit dan kecepatan lebih, objek kurang dan ukuran file yang lebih rendah.
Hindari menempatkan benda berulang-ulang, lebih baik untuk mengelas atau menggabungkan
B. macromedia flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Untuk memahami keamanan Adobe Flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, berdasarkan beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan menyolok antara HTML dan JavaScript dimana didalamnya terdapat banyak tools yang dapat diambil dari SWF termasuk ActionScript. Sehingga kode data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, semua kebutuhan data yang terdapat dalam SWF dapat diambil kembali melalui server. Keuntungan menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web yang standar adalah akan menjamin dan mengamankanpenyimpanan dan perpindahan data.
Membuat animasi dengan Flash Professional
Ada beberapa cara untuk membuat animasi di Flash:
- Buat remaja gerak dan mereda: Untuk membuat gerak-tweened animasi, Anda membuat sebuah instance tweened pada rentang frame, dan kemudian membuat satu atau lebih perubahan di suatu tempat pada rentang frame. Flash kemudian menciptakan animasi yang akan terjadi transisi antara perubahan tersebut. Flash bervariasi ukuran objek, rotasi, warna, filter, atau atribut lainnya antara frame berubah Anda dibuat untuk membuat tampilan gerakan atau gerakan, seperti contoh bergerak di Panggung atau memudar masuk dan keluar-atau keduanya pada saat yang sama . Anda juga dapat menggunakan mereda (preset mereda atau Anda sendiri) untuk mengontrol gerakan atau penampilan kasus Anda. Untuk mempelajari lebih jauh tentang membuat remaja gerak dan menggunakan memudahkan, lihat Panduan Belajar Animasi Flash: remaja Gerak dan " Menambahkan preset dan adat memudahkan untuk remaja gerak "di Panduan Belajar Animasi Flash: Preset dan kustom mereda.
- Buat frame-by-frame animasi: Dalam frame-by-frame animasi, daripada membiarkan flash secara otomatis mengisi gerakan antara dua perubahan, Anda membuat gambar dalam setiap frame. Ini jauh seperti animasi "flip buku" di mana Anda menggambar setiap perubahan yang halus secara manual, dan ketika gambar diawasi berturut-turut, perubahan halus menciptakan ilusi gerakan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat " Membuat frame-by-frame animasi "di Panduan Belajar Animasi Flash: Frame-by-frame animasi.
- Terapkan preset gerak: preset Gerak meliputi berbagai pra-dibuat animasi yang dapat Anda terapkan untuk kasus pada Stage, yang dapat Anda gunakan seperti apa adanya, untuk tujuan belajar, atau sebagai titik awal untuk modifikasi lebih lanjut. Preset gerakan memudahkan untuk menghidupkan pilihan: Anda dapat membuat pilihan, kemudian pilih Preset Motion dan klik Apply. Dengan preset gerakan, Anda dapat membuat benda bergerak dalam dokumen Anda dengan hampir tidak ada pengetahuan tentang animasi. Untuk informasi tentang gerakan preset, lihat Panduan Belajar Animasi Flash: preset Gerak .
- Gunakan contoh remaja: Sebuah fitur yang sangat berguna di mana Anda dapat memberikan motion tween nama instance dan menerapkan gerak yang ke instansi lain dalam dokumen Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang menggunakan contoh tween, lihat " Menggunakan contoh Tween "di Panduan Belajar Animasi Flash: Menggunakan ActionScript 3.
- Salin kode ActionScript 3 dan menerapkannya pada contoh dalam dokumen Anda: Jika Anda tidak ingin menulis kode sama sekali, Anda dapat membuat animasi pada Timeline dan kemudian "copy" ActionScript setara 3 kode untuk animasi itu dan menerapkannya ke misalnya. Lihat Panduan Belajar Animasi Flash: Menggunakan ActionScript 3 .
- Buat remaja bentuk: Bentuk remaja digunakan untuk membuat gerakan morphing, seperti jalur sehingga lekukan, atau lingkaran yang berubah menjadi kotak. Untuk informasi tentang cara membuat bentuk animasi tween, lihat " remaja bentuk Menciptakan "di Panduan Belajar Animasi Flash: remaja Shape.
- Gunakan Kinematika terbalik: Anda dapat membuat sesuatu bergerak di Flash CS5 menggunakan invers kinematika (IK) fitur. Sebisa kita berpikir IK adalah jenis dingin, Panduan Belajar Animasi Flash tidak mencakup fitur ini; membacanya di Efek Grafis Belajar Panduan gantinya. Anda juga dapat menonton screencast tutorial IK oleh Todd Perkins pada Adobe TV, membaca " Animating dengan alat tulang "dalam Membuat animasi dalam ActionScript 3, dan belajar dari Karakter animasi dengan alat tulang oleh Georgenes Chris.
- Menulis kode ActionScript: Anda dapat membuat animasi dengan menulis kode ActionScript-kadang disebut "animasi ditulis." Ada berbagai cara Anda bisa secara manual animasi script: menulis ActionScript untuk menangani semua aspek animasi atau menggunakan kelas GRP dan kode sederhana untuk membuat animasi. Ini Animasi Belajar Panduan untuk Flash tidak mencakup animasi scripted. Anda dapat mempelajari tentang animasi ditulis dalam artikel, Membuat animasi dalam ActionScript 3 .
Cara membuat animasi menggunakan Macromedia Flash
1. Pertama buka Macromedia Flash.
2. Untuk membuat badan, gunakan Oval Tool, buat lingkaran besar(jangan besar banget).
3. Beri warna pada lingkaran tersebut menggunakan Paint Bucket Tool.
4. Untuk membuat mata, klik Oval Tool lagi, buat lingkaran kecil seperti gambar dibawah ini.
5. Untuk membuat mulut, gunakan Oval Tool lalu gunakan warna putih agar menjadi seperti pada gambar.
6. Untuk membuat kaki, buat lingkaran, klik Arrow Tool, select setengah lingkaran, tekan delete.
7. Untuk sepatunya, buat kotak di bawah kaki.
8. Select kaki dan sepatunya, tekan Ctrl+G untuk di grup.
9. Select seluruh bagian pacmannya, tekan F8, beri nama Robot.
10. Klik kanan pada pacman, klik Edit in Place.
11. Buat layer baru, caranya klik Insert, Layer.
12. Layer 1 ganti nama menjadi KAKI, Layer 2 menjadi KEPALA.
13. Dilayer kaki, Cut kepala pacmannya, Paste in Place di layer KEPALA.
14. Di Time Line, klik kanan di frame 2, Insert Keyframe di kedua Layer
15. Klik Frame 2 Layer KAKI, klik kaki pacmannya, Copy lalu Paste, jadi kakinya ada 2, deketin biar bertemuan.
16. Insert Keyframe lagi di Frame 3 dan 4 di kedua Layer.
17. Di Frame 3 Layer KAKI, klik Free Transform Tool, arahkan cursor ke dekat titik sudut Kaki sampai ada gambar lingkaran, putar kakinya.
18. Di Frame 4 Layer KAKI, klik Arrow Tool, geser kaki yg kiri ke kiri, geser kaki yg kanan ke kanan.
19. Klik di Frame 3 Layer KAKI, buat bayangan kaki menggunakan Oval Tool, Frame selanjutnya juga dibuat bayangan kakinya, sesuaikan bayangan dengan langkah kakinya.
20. Select seluruh bagian pacman, tekan F8, beri nama Master Robot.
Note: Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
21. Klik 2x di kertas putih untuk menyatukan frame-frame yg tadi dibuat.
22. Geser pacman ke bagian paling kiri kertas.
23. Klik kanan di Frame 1, klik Create Motion Tween.
24. Di Frame 20, klik kanan, Insert Keyframe.
25. Klik Frame 20, geser pacman ke bagian palin
C. Microsoft Power Point
Microsoft Power Point merupakan
salah satu aplikasi milik Microsoft, disamping Microsoft Word dan
Microsoft Excel yang telah banyak kenal. Ketiga aplikasi ini lazim
disebut Microsoft Office. Pada dasarnya, aplikasi Microsoft Power Point
berfungsi untuk membantu user dalam menyajikan presentasi. Aplikasi ini
menyediakan fasilitas Slide untuk dapat menampung pokok-pokok
pembicaraan point-point yang akan disampaikan pada Audience.
Dengan
fasilitas, Animation, suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik.
Begitu juga dengan adanya fasilitas: Font Picture, Sound dan Effect
dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang lebih bagus. Bila keadaan
ini dapat disajikan, maka para pendengar dapat kita tarik perhatiannya
untuk menerima apa yang ingin kita sampaikan.
Setiap
lembar tayangan berisi materi disebut Slide. Agar slide yang sedang
dibangun dapat menarik, tujuan kita dalam menyampaikan suatu topik dapat
tercapai, dan dapat dimengerti oleh audience dengan efektif, sebaiknya
buat terlebih dahulu point bahasan yang perlu dicantumkan pada slide
secara garis besar, dan diikuti sub point dari masing-masing point yang
ada dan lengkapi dengan gambar, karikatur pada slide yang dimaksud.
Berilah bullet, font, dan color yang menyolok pada point yang paling
utama agar menjadi pusat perhatian.
Toolbar
merupakan salah satu bagian yang paling penting dari Power Point.
Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang
sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang
mewakili perintah yang Anda inginkan. Bila
icon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk
menonaktifkannya, Anda tinggal menekan icon tersebut sekali lagi.
Untuk
mengaktifkan masing-masing Toolbar, gunakan Menu View, Toolbar,
kemudian tandai nama Toolbar yang ingin ditampilkan, sehingga muncul
tanda cek didepan nama jenis toolbar.
PENGGUNAAN MENU
Pada
kondisi Default, Menu Bar Power Point terdiri dari sembilan kelompok
menu. Mulai dari File di ujung kiri sampai Help di ujung kanan. Untuk
mengakses perintah pada salah satu menu, cukup klik nama perintah yang
diinginkan. Pada layar akan muncul kotak dialog yang berhubungan dengan
perintah tersebut
MEMULAI POWER POINT
Untuk memulai Power Point ada beberapa tahap yang harus dilakukan, yaitu:
1. Buka Start Menu, dan pilih Programs, Microsoft Power Point (Lihat gambar 3). Setelah itu akan muncul kotak dialog Power Point, yang mana nantinya akan diberikan 4 pilihan, dan kita dapat memilih salah satu options tersebut: Auto Content Wizard, Template, Blank Presentation, atau Open Existing Presentation.
2.
Setelah kita pilih salah satu, klik OK atau tekan Enter. Selanjutnya,
akan muncul layar New Slide dan tentukan AutoLayout yang kita inginkan.
3. Pilih OK atau tekan Enter.
Setelah
kita melakukan kesemua hal di atas, kita akan melihat layar Power Point
dan mulailah untuk membuat Presentasi yang kita inginkan.
Kotak Placeholder, untuk meletakkan aneka objek presentasi.
Kotak dialog, kotak yang muncul pada layar bila kita mengaktifkan salah satu menu.
Kita bisa mengatur berbagai pilihan yang tersedia di dalamnya.
Status Bar, pada bagian ini ditemukan dua indikator.
Dari kiri kekanan adalah indikator tampilan slide, dan indikator template.
Menu Bar, disebut juga dengan Pull Down Menu. Bila kita mengklik salah satu menu maka akan terbuka sekelompok menu lain yang berhubungan dengannya.
Scrool Box, yaitu vertikal sisi kanan layar dan horizontal di sisi bawah layar.
Toolbar, seperangkat icon yang berfungsi untuk menggantikan perintah-perintah yang terdapat pada menu Bar.
MENYIMPAN DAN MENUTUP POWERPOINT
Menyimpan Presentasi
Saat
pertama kali menyimpan presentasi, gunakan menu File, Save As. Aplikasi
akan menampilkan kotak dialog Save As. Ketikkan nama file yang kita
inginkan pada bagian File Name.
Ketikkan
nama file yang kita inginkan pada bagian File Name. Pilih atau ubah
drive penyimpanan pada Menu Save in. Klik OK untuk mengakhiri
penyimpanan.Menutup Presentasi
Setelah selesai bekerja dengan sebuah presentasi dan menyimpannya, Kita tentu ingin menutup presentasi tersebut. Gunakan menu File, Close atau mengklik tombol bergambar pada sudut kanan atas jendela.
MEMBUKA PRESENTASI
Saat PowerPoint dijalankan, kotak dialog PowerPoint akan muncul pada layar. Ada empat pilihan pada kotak dialog ini, meliputi Template, Blank Presentation, AutoContent Wizard, dan Open Existing Presentation.
Tampilan kotak dialog pada gambar 6 di atas digantikan dengan penggunaan TaskPane pada versi PowerPoint yang lebih tinggi.
Bila
kita ingin memakai file-file presentasi yang sudah disediakan oleh
PowerPoint, pilih Template. Bila ingin membuat presentasi dari halaman
"kosong" tanpa warna atau style, pilih Blank Presentation. Sementara
bila kita membutuhkan panduan tahap demi tahap selama pembuatan,
pilihlah AutoContent Wizard.
Bila
kita memilih ini, pada layar akan muncul secara berurutan enam buah
kotak dialog dengan berbagai pilihan dan kotak isian di dalamnya,
beserta langkah sistematisnya. Selanjutnya tinggal memilih wizard yang
sesuai dengan kebutuhan presentasi yang sedang disiapkan
Pilihan Template
Bila
kita menggunakan ini untuk membuat presentasi baru, kita tinggal
mengklik ganda salah satu icon template yang tersedia pada kotak dailog
New Presentation. Ada empat kelompok template, yaitu:
· General berisi presentasi kosong.· Presentation Design berisi lebih dari 20 design template profesional
· Presentations berisi template presentasi yang siap diatur dan memiliki tema khusus.· Web Pages berisi template presentasi untuk keperluan publikasi dalam Internet.
Untuk memilih Template, klik menu Format, Apply Design Template.
Pilihan Blank Presentation
Bila
kita memilih ini, pada kotak dialog PowerPoint akan muncul kotak dialog
New Slide. Kita bisa memilih salah satu tata letak presentasi yang
tersedia.
Tata
letak slide dapat diubah setiap saat, caranya klik menu Format, Slide
Layout atau dengan menekan tombol Slide Layout pada status bar. Setelah
slide dibuat, kita bisa menyisip slide baru dengan mengklik menu Insert,
New Slide atau dengan mengklik tombol New Slide pada Toolbar standard.Pilihan Open An Existing Presentation
Selain membuat presentasi baru, kita juga bisa membuka file-file yang telah dibuat sebelumnya yang tersimpan pada Harddisk dan Disket. Pada layar akan muncul kotak dialog Open. Kita bisa mencari file presentasinya.
BEKERJA DENGAN TEKS
Mengetikkan Teks
Untuk
mengisikan teks kedalam slide, kita cukup mengganti teks contoh (Clik
to Add) yang berada pada kotak-kotak placeholder. Pada saat kita
mengklik kotak placeholder, sebuah bingkai akan muncul mengelilinginya. Ini
menandakan kotak tersebut telah dipilih dan siap untuk diisi teks. Pada
saat yang sama teks contoh akan lenyap, ketikkan teks yang akan
ditampilkan pada kotak tersebut. Setelah teks diketikkan, klik ruang
kosong diluar bingkai untuk kembali ketampilan semula. Atau bisa juga
dengan mengklik tombol Text Box pada Toolbar Drawing untuk menyisipkan
kotak teks. Mulailah mengetikkan teks yang kita inginkan.
MEMFORMAT TEKSPerataan Teks
Didalam slide PowerPoint, pengertian perataan teks adalah posisi teks pada kotak Placeholder. Rata pada pinggir kirikah, rata pinggir kanankah, dan seterusnya. Format semacam ini diperlukan untuk teks-teks tertentu misalnya judul document memakai teks yang berada diposisi tengah.
Untuk mengatur perataan teks ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1. Pilih teks yang akan diatur perataannya, lalu klik menu Format, Alignment.
2. Pada menu yang tampil, klik salah satu pilihan. Left berarti rata kiri, Right berarti rata kanan, Centered berarti rata tengah, dan Justify berarti rata kedua sisi.
Format Huruf
Pilih teks yang akan diubah format hurufnya, lalu klik menu Format, Font. Langkah selanjutnya, kita atur pilihan-pilihan yang disediakan kotak dialog Font.
Dapat juga kita mengatur format huruf dengan menggunakan tombol-tombol pada toolbar Formatting.
Jarak Baris dan Paragraf
Jarak
baris merupakan jarak antara suatu baris teks diatas serta di bawahnya.
Di sini kita bebas mengatur jarak baris secara bebas. Jarak Paragraf merupakan jarak antara suatu paragraf dengan paragraf di bawah dan di atasnya.
Untuk
menentukan jarak baris dan paragraf dapat kita lakukan dengan memilih
teks atau paragraf yang akan diubah, kemudian klik Format, Line
Spacing. Klik
tanda panah pada kotak Line Spacing, Before paragraf dan After paragraf.
Atau bisa juga dengan mengetikkan langsung pada kotak tersebut untuk
mengubah jarak baris / paragraf keukuran yang diinginkan.
Bullet
Adalah
suatu peneomoran dengan menggunakan bentuk-bentuk geometris seperti
lingkaran, bujur sangkar, garis, panah, dan lain-lain. Untuk memformat
Bullet, pilih teks yang akan diberi bullet, lalu klik menu Format,
Bullet.
Kotak
dialog akan muncul dilayar. Pada kotak Bullets From, pilih jenis huruf
yang ingin dipakai sebagai bullet. Kita juga bisa memilih warna dari
kotak Color. Dan untuk mengubah ukuran bullet, atur kotak Size.
Teks Efek KhususBeberapa bagian slide membutuhkan penanganan khusus. Agar lebih menarik perhatian, format huruf dekoratif bisa dipakai untuk menulis teks. PowerPoint menyediakan fasilitas WordArt untuk hal ini. Untuk mengaktifkannya, klik menu View, Toolbars, WordArt. Toolbar WordArt akan tampil dilayar.
Untuk menyisipkan teks, klik tombol Insert WordArt. Kotak dialog akan muncul dilayar. Pilih salah satu efek yang diinginkan, lalu klik OK.
MENYISIPKAN GAMBAR DAN FOTO
Membuat Gambar
Untuk
mulai menggambar, klik menu View, Slide dan klik menu View, Toolbars,
Drawing Toolbars. PowerPoint telah menyediakan fasilitas pembuatan
gambar, caranya klik tombol AutoShapes pada Toolbar Drawing.
Ada enam
pilihan bangun, yaitu; Lines (macam-macam garis), Basic Shapes (bangun
sederhana), Block Arrows (macam-macam panah), Flowchart (simbol-simbol
diagram alir), Stars and Banners (bintang dan banner), dan Callouts
(kotak keterangan gambar). Arahkan pointer kemasing-masing pilihan untuk
melihat isinya.
Mengatur Posisi Objek Pada Slide
Kita
bisa menggunakan fasilitas ini dengan mengklik tombol Draw, Align or
Distribute (Bila menu ini nonaktif, klik pilihan Relative to Slide untuk
mengaktifkannya). Klik tombol yang sesuai dengan keinginan kita.
Menyisipkan Foto
Kita
dapat langsung menyisipkan foto kedalam slide, caranya: tempatkan
pointer mouse kebagian document yang ingin disisipi, kemudian klik menu
Insert, Picture, From File.Menyisipkan Media Audio Visual
Media
audio visiual seperti movie, sound, lagu, animasi dan atau suara yang
langsung bila hardware komputer yang tersedia memungkinkan. Langkah
penyisipan melalui tandar toolbar Insert sebagai berikut
Selain
objek penyisipan tersebut di atas, masih terdapat banyak objek lain
yang dapat disisipkan dalam slide PowerPoint seperti terlihat pada
pilihan menu Insert gambar 21. Objek lain yang dapat disisipkan
diantaranya adalah, Organisation Chart, Tabel, Diagram, Chart dan
sebagainya.
Sisipan
dokumen lain dapat dilakukan pula dari Ms Word dan atau Ms Exel melalui
menu Insert, Object dan klik pilihan objek sumber lain yang diinginkan.
PENUTUP
Menjalankan Presentasi
Saat
menjalankan presentasi pada layar komputer (on-screen), seluruh layar
akan digunakan dan komponen-komponen layar seperti toolbar, menu, dan
lain-lain akan hilang dari layar. Cara menjalankan presentasi ini cukup
sederhana, buka presentasi yang akan dijalankan, lalu klik menu View,
Slide Show atau menu Slide Show, View Show. Bisa juga digunakan
KeyStroke F5, tapi perlu diingat bahwa cara ini akan selalu membawa kita
pada presentasi yang dimulai dari slide pertama.
Selanjutnya
untuk menuju slide-slide yang lain kita bisa menggunakan salah satu:
enter, panah, tuts N (next) dan tust P (previous) pada keybord. Bisa
juga menggunakan klik kiri pada mouse dan atau scroll maju (untuk next)
dan mundur (untuk previous).
Untuk
menuju halaman tertentu, klik kanan mouse sehingga muncul dialog box
pada Gambar 22, klik Go, By Title dan pilih slide yang akan dituju
sesuai dengan titlenya.
Memilih
Media Media presentasi adalah bahan atau alat yang dipakai untuk
menyajikan presentasi. Untuk memilih media presentasi, klik menu File,
Page Setup. Kotak dialog akan muncul, isikan sesuai yang kita inginkan.
Mencetak Presentasi
Kita
dapat mencetak komponen-komponen presentasi mulai dari slide, notes
pages, handout, sampai outline. Untuk mencetak salah satu komponen, klik
menu File, Print. Kotak dialog akan muncul di layar. Pada bagian Print
What, pilih komponen yang akan dicetak.
Jenis cetak yang dibuat seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Sebagai
contoh bila dipilih Print what Handouts, Color Grayscale, Slides per
pages 4 maka akan kita peroleh printout dengan bentuk satu lembar berisi
4 slide dengan warna gambar backgraound abu-abu dan text hitam.
0 komentar:
Posting Komentar